Cara Menggunakan Steger dengan Aman

Home Blogs Cara Menggunakan Steger dengan Aman
Posted By CV. Indo Jaya Logam on 2017-07-26 | Hits: 2400
Cara Menggunakan Steger dengan Aman

Steger yang baik telah didesain dengan sangat aman. Misalnya saja dibuat dengan bahan bahan yang sudah pasti kokoh dan stabil serta dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada baiknya sebagai pengguna kita harus tetap hati hati. Selain itu, penting pula bagi kita untuk mengetahui beberapa informasi mengenai apa sajakah tips dan usaha yang bisa kita lakukan agar penggunaan steger menjadi lebih aman serta nyaman, bukan hanya untuk pekerja yang menggunakannya namun juga untuk pekerja lain yang ada di bawahnya.


Di bawah ini adalah beberapa cara yang direkomendasikan untuk dilakukan agar penggunaan steger atau scaffolding menjadi lebih aman.

  1. Melakukan Persiapan dengan Sebaik Mungkin
    Persiapan pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli steger kualitas prima di jasa jual steger terbaik. Setelah anda mendapatkannya, maka pastikan bahwa anda mengecek steger yang anda beli tersebut. Apa saja yang harus anda check? Misalnya saja adalah bagian dasarnya yang harus aman dan stabil. Selain itu pastikan bahwa semua bagian steger lengkap dan masih dalam kondisi yang baik untuk digunakan serta terpasang dengan benar. Jika anda masih awam untuk hal ini, membawa orang yang lebih mengerti adalah solusi terbaik.
  2. Menggunakan Pengaman
    Selanjutnya, selain memastikan anda membeli steger terbaik, pastikan pula anda mengenakan pengaman tambahan dan yang sudah disesuaikan dengan standard. Beberapa jenis pengaman yang biasanya digunakan untuk pekerjaan konstruksi bangunan antara lain adalah pengaman ungtuk kepala, alat untuk menopang tubuh dan juga alas kaki untuk menjaga agar tidak selip.
  3. Memahami Kapasitas Muatan
    Setelah anda membeli steger dari jual steger, Jangan lupa untuk mengenal steger anda dengan baik. Misalnya saja kenali dan ketahui berapakah kapasitas muatan yang aman untuk menaiki steger. Jangan sampai anda melanggar anjuran yang sudah dipastikan misalnya dengan menambah jumlah barang, steger dinaiki oleh terlalu banyak oleh pekerja dan lain sebagainya. hal ini dapat menimbulkan kecelakaan kerja yang pasti tak diinginkan oleh siapapun.
  4. Mengamankan Platform
    Apa maksudnya? Steger biasanya memang dirancang untuk dapat menempel atau dekat dengan bangunan tertentu. Karena itulah, pastikan pula bahwa sistem platform ini dapat menempel dengan baik. Jika anda menemukan ada bagian steger yang terlepas, meskipun itu hanya bagian kecil, sangat tidak disarankan untuk menggantinya sendiri. Mengapa? Hal ini dapat menimbulkan kecelakaan kerja karena belum tentu misal mur dan baut yang anda pasang sesuai dan cukup kuat. Karena itulah sangat direkomendasikan untuk memanggil ahlinya jika terjadi masalah seperti diatas.
  5. Usahakan untuk Memperoleh Pelatihan yang Tepat
    Selain disarankan untuk membeli steger terbaik dari jasa jual steger, sangat disarankan pula untuk memastikan bahwa para pekerja anda telah mendapatkan pelatihan yang tepat, misalnya saa pelatihan keamanan yang baik dan pengetahuan akan peralatan bangunan, seperti steger. Usahakan semua pekerja mendapatkan pelatihan dan pengetahuan ini, termasuk untuk pekerjja yang tidak secara langsung menggunakan steger. Beberapa hal yang harus ada di dalam pelatihan antara lain cara untuk merakit steger, mencopot steger, keamanan, cara merespon saat keadaan darurat terjadi dan masih banyak lagi yang lainnya.


Itulah tadi beberapa pengetahuan yang dapat kami bagikan supaya anda dapat menggunakan steger dengan lebih baik. Dengan mengikuti aturan diatas, maka penggunaan steger akan lebih aman.  

Anda mencari steger yang aman dan tentunya steger yang berkualitas serta harga yang terjangkau, silahkan menghubungi CV. Indo Jaya Logam - www.indojaya-scaffolding.com

Tags: steger, scaffolding, jual steger, jual scaffolding


Share this info

Popular Listings