Tips Keamanan Saat Anda Harus Bekerja dengan Scaffolding

Home Blogs Tips Keamanan Saat Anda Harus Bekerja dengan Scaffolding
Posted By CV. Indo Jaya Logam on 2016-07-27 | Hits: 2167
Tips Keamanan Saat Anda Harus Bekerja dengan Scaffolding

Steger atau scaffolding memang sebuah hal yang tidak dapat dipisahkan dari proses konstruksi atau membangun bangunan, terutama untuk bangunan dengan ketinggian yang lumayan dan bahkan sangat tinggi. Oleh karena itulah, kita tidak dapat memungkiri pula bahwa mereka atau pegawai yang harus bekerja dengan menggunakan scaffolding ini memiliki resiko yang sangat besar. Beberapa resiko tersebut antara lain adalah jatuh dari scaffolding dan terkena benturan dari alat yang dapat saja jatuh dari atas steger.

Nah, untuk menghindari hal hal tersebut, di bawah ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan agar tetap aman saat anda harus bekerja dengan menggunakan perancah atau scaffolding.

  1. Tata Peralatan Secara Teratur

Menata peralatan yang akan anada gunakan secara teratur dapat mengurangi resiko peralatan yang jatuh dari atas scaffolding yang mungkin dapat melukai siapapun yang ada di bawahnya. Sebaiknya, anda menggunakan peralatan yang memiliki tingkat efektivitas dan efisiensi yang tinggi. Selain dapat mengurangi resiko diatas, hal ini juga dapat pembangunan sebuah bangunan menjadi lebih cepat.

  1. Jangan Terburu Buru Saat Bekerja atau Fokus pada Efisiensi

Tak bisa kita abaikan bahwa menyelesaikan pekerjaan konstruksi tepat pada waktunya sangat penting untuk sebuah proyek. Namun sayangnya, hal ini meningkatkan tingkat kecerobohan pegawainya karena mungkin mereka merasa diburu waktu. Untuk hal ini sebaiknya anda fokus kepada hal hal yang daat memberikan tingkat efisiensi yang lebih besar. Ingat bahwa keamanan adalah hal yang tidak boleh ditawar tawar.

  1. Usahakan bahwa Tempat Kerja Anda Ditata dengan Rapi

Usahakan untuk tempat kerja anda atau tempat konstruksi anda selalu rapi dan teratur. Hal ini dapat menghindarkan anda dan pegawai jual steger dari beberapa kecelakaan seperti terpeleset dan lain sebagainya. Ketika anda harus bekerja dengan steger, mengatur peralatan agartetap teratur dan rapi dapat meminimalisir resiko barang yang jatuh dari atas scaffolding. Selain itu, tempat kerja yang teratur juga akan memudahkan pergerakan dari para pekerja anda.

  1. Pelatihan yang Tepat

Setelah anda memenuhi semua criteria untuk menjamin kemanan, maka pastika pula bahwa anda memiliki pegawai yang mumpuni. Pastikan bahwa semua pegawai telah dilatih sesuai dengan standard pelatihan yang ada di Negara kita. Hal ini akan membuat proyek dapat dilaksanakan dengan lancar dan tentunya dapat mengurangi resiko kesalahan dan kecelakaan yang ada.

  1. Jangan Lupa untuk Meninjau Lokasi Proyek Terlebih Dahulu

Sebelum anda memulai semuanya dan membeli steger atau scaffolding dari tempat jual scaffolding, maka jangan lupa untuk meninjau lokasi yang akan menjadi proyek bangunan anda terlebuh dahulu. Hal ini penting untuk mengetahui segala kesulitan yang mungkin saja ada dan dapat muncul sehingga akan mudah bagi anda untuk melakukan pencegahan atau solusi yang tepat. Meninjau lokasi bukan hanya dilakukan sebelum anda memulai proyek saja, namun juga sepanjang proyek masih berjalan. Hal ini dimaksudkan agar anda mengetahui segala bahaya yang mungkin saja muncul dan dapat mengatasinya dengan baik serta efektif. Selain itu, hal ini juga akan membuat para pegawai selalu merasa aman dan nyaman dalam menyelesaikan tugas mereka. Selain itu, pastikan bahwa ahli telah memeriksa steger aau scaffolding anda dan pastikan tidak ada sesuau yang salah atau membahayakan sehingga keamanan akan tetap terjaga dengan baik.

Tags: steger, scaffolding


Share this info

Popular Listings