Tips Memulai Bisnis Scaffolding

Home Blogs Tips Memulai Bisnis Scaffolding
Posted By CV. Indo Jaya Logam on 2016-07-27 | Hits: 11528
Tips Memulai Bisnis Scaffolding

Steger atau disebut juga dengan scaffolding atau perancah adalah sebuah alat yang hampir seperti tangga yang banyak difungsikan sebagai penyangga terutama pada atau untuk kegiatan knonstruksi bangunan. Steger ini digunakan untuk menahan pekerja saat melakukan pekerjaannya di ketinggian atau mungkin untuk menyangga berbagai macam peralatan unik yang lainnya.

Karena hanya berfungsi sebagai penyangga, maka steger ini pun lebih bersifat tempporer atau tidak tetap. Namun, tahukah anda bahwa banyak kontraktor dan termasuk pula kontraktor besar yang tidak memiliki scaffolding? Dengan arti kata lain, kebanyakan dari mereka lebih senang untuk menyewa steger daripada harus memiliki atau membuatnya sendiri. Mengapa demikian? Hal ini berdasarkan fakta bahwa tidak semua pekerjaan atau proyek memerlukan scaffolding dalam jumlah yang besar. Selain itu, scaffolding juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang khusus agar tetap dapat berfungsi dengan baik dan dibutuhkan keahlian yang khusus untuk menjadi seorang scaffolder yang handal.

Nah, dilihat dari dasar fakta ini, memulai bisnis sewa scaffolding adalah hal yang sangat menggiurkan dan potensial bukan? Terutama jika anda tinggal di kota kota besar. Hal ini karena pada kota kota besar seringkali kita temui pembangunan yang sangat marak sehingga memulai atau memiliki bisnis persewaan scaffolding adalah hal yang sangat menguntungkan. Bagi anda yang tertarik untuk memulai bisnis produksi steger atau sewa scaffolding ini, berikut ada beberapa tips untuk memulainya;

  1. Persediaan Steger

Untuk mencukupi persediaan steger aau scaffolding, anda dapat memulainya dengan scaffolding bekas. Namun jangan lupa untuk memastikan standarnya. Meskipun bekas, scaffolding tersebut haruslah tetap dalam keadaan yang baik dan yang paling penting aman untuk digunakan. Untuk hal penambahan stok atau persediaan scaffolding, maka sebaiknya anda mempertimbangkan sesuai dengan kemajuan usaha anda. Jika memang usaha anda berkembang dengan baik dan mulai banya permintaan, maka tidak ada salahnya untuk menambah stok steger atau scaffolding anda.

  1. Jenis dan Tipe dari Scaffolding

Sebagai sebuah usaha atau bisnis, maka tentu saja anda harus menyewakan scaffolding atau steger dengan tampak luar dan juga kualitas yang baik. Dalam kegiatan konstruksi bangunan tinggi maka tentu saja dibutuhakn kualitas serta spesifikasi steger yang lebih baik dan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pembangunan rumah biasa. Oleh karena itu, anda harus memastikan bahwa memiliki jenis scaffolding sesuai dengan pelanggan yang memang menjadi sasaran anda.

  1. Objek Pelanggan

Untuk menetapkan bisnis dan usaha anda menjadi usaha dengan skala yang lebih besar, maka sudah tentu anda harus menetakan jenis pelanggan yang menjadi target atau sasaran anda. tentukan apakah anda akan menargetkan pelanggan pada konstruksi perumahan yang tinggiseperti hotel, pertokoan atau kilang. Meskipun biasanya produksi scaffolding atau sewa steger banyak digunakan oleh proyek konstruksi bangunan berskala besar, namun tak jarang bahwa konstruksi atau perbaikan yang ringan juga membutuhkan scaffolding untuk memudahkannya.

  1. Kendaraan

Jika anda membukan bisnis sewa scaffolding atau produksi steger, maka anda harus pula memikirkan kendaraan angkut yang akan anda gunakan untuk mengantarkan scaffolding atau menjemput kembali scaffolding anda setelah selesai disewa. Anda dapat menggunakan truk atau bak terbuka. Memiliki kendaraan sendiri memang lebih baik, namun untuk menghemat investasi tak ada salahnya untuk melakukan carter atau menyewa kendaraan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

fakta mengenai pembangunan yang semakin marak terjadi di Negara kita, membuka sebuah peluan yang sangat nyaman untuk memulai sebuah bisnis baru yakni usaha persewaan scaffolding. Anda dapat produksi scaffolding atau produksi steger sendiri dan kemudian menyewakannya kepada proyek yang memang membutuhkan. Nah, sebelumnya kami telah memberikan beberapa tips bagi anda yang hendak memulai bisnis sewa perancah atau scaffolding. di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips lanjutan bagi anda yang hendak memulai usaha ini. Apa sajakah tips tersebut? Berikut ini informasinya.

  1. Tenaga yang Terlatih

Sebuah usaha tidak akan berjalan dengan sempurna jika semua orang yang terlibat di dalam usaha ini tidak memiliki keterampilan yang cukup. Dalam hal bisnsi sewa scaffolding ini, maka anda membutuhkan tenaga yang terlatih dan terampil. Mulai dari para pekerja yang akan membantu anda untuk memasang, melepas, mengangkut dan mengatur stok scaffolding hingga beberapa orang scaffolder yang handal dan ahli. Selain akan memudahkan atau menaikkan pelayanan anda, hal ini juga akan memudahkan anda dalam hal perawatan scaffolding atau steger sehingga steger tidak akan mudah rusak dan anda terhindar dari kerugian.

  1. Lokasi Usaha

Dalam hal lokasi, pilihlah lokasi usaha yang strategis. Namun tahukah anda bahwa ini bukan hal yang mutlak untuk bisnis produksi scaffolding atau sewa steger ini? Yang terpenting adalah anda harus memiliki lokasi yang luas misalnya saja seperti gudang atau workshop yang dapat digunakan untuk menyimpan scaffolding dan untuk memasang scaffolding. selain itu, anda dapat pula menggunakan rumah anda sebagai kantor atau mungkin dapat juga dengan memanfaatkan internet sebagai sarana promosi dan bertemu dengan pelanggan.

  1. Tarif Sewa Steger

Biasanya tariff untuk menyewa scaffolding dikenakan dengan sistem bulanan dan sebesar 7 hingga 10% jika dibandingkan dengan harga belinya. Selain itu, tariff sewa pun dapat berbeda beda sesuai dengan jenis scaffolding yang dipilih oleh para pelanggan. Selain berdasarkan jenis dari steger, anda dapat menentukan tariff sesuai dengan spesifikasi atau ketebalan masing masing bahan yang digunakan pada steger tersebut.

  1. Promosi

Terakhir, setelah semua hal atau persiapan siap, maka anda harus melakukan promosi. Untuk hal promosi inianda dapat memanfaatkan sarana atau media online seperti misalnya situs situs. Ini adalah sebuah terobosan yang sangat baik. Namun, salah satu cara yang paling efektif adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai kontraktor. Anda dapat melakukan sistem jemput bola dengan cara mendatangi banyak kontraktor yang ada. Selain kontraktor, anda dapat juga mendatangi tempat lain yang dapat memberikan keuntungan bagi anda seperti misalnya arsitek, konsultan angunan, perkantoran, pabrik dan lain sebagainya. Sebagai salah satu saran, anda dapat juga memberikan diskon atau harga perkenalan agar para pelanggan menjadi lebih tertarik. Yang terpenting adalah selalu kreatif dalam melakukan promosi dan jangan menutup diri dari perkembangan jaman. Hal ini akan membuat dan memudahkan anda dalam membuat sebuah strategi promosi yang baik serta efektif.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat anda lakukan jika anda ingin memulai bisnis sewa steger atau scaffolding. Semoga tips tips tersebut bermanfaat dan membuat anda menjadi seorang pengusaha yang sukses.

 Kami CV. Indo Jaya Logam merupakan produsen yang memproduksi Steger atau di sebut juga Scaffolding dengan kualitas terbaik di kelasnya. Kunjungi website kami di www.indojaya-scaffolding.com

Tags: steger, scaffolding


Share this info

Popular Listings